fbpx

Khazanah Islam

Apa Hukum Qurban Kambing Betina?

hukum qurban kambing betina

Tidak Terasa Hari Raya Idul Adha 1442H seminggu lagi akan tiba, berqurban merupakan ibadah yang biasanya dilakukan oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia, baik itu berkurban unta, sapi, kambing, ataupun yang lainya, tapi apa sih sebenarnya apa hukum qurban kambing betina itu? Apakah ada ketentuan yang menyatakan bahwa kita tidak boleh untuk berqurban kambing betina?

Nah Sahabat Dermawan PABU ternyata berkurban dengan kambing betina itu diperbolehkan loh, karena dalam berkurban tidak ada ketentuan yang memperintahkan untuk kita menyembelih kambing jantan, karena memang tidak ada ketentuannya, sehingga bagi Sahabat Dermawan PABU yang Ingin berkurban menggunakan hewan jantan maupun betina itu diperbolehkan, hal ini sesuai sabda Rasulullah SAW Yang Mana

Dalam Hadits dari Ummu Kurzin RA, Rasulullah SAW bersabda,

عن الغلام شاتان وعن الجارية شاة لا يضركم ذكرانا كن أو إناثا

”Akikah untuk anak laki-laki dua kambing dan untuk anak perempuan satu kambing. Tidak ada masalah hewan akikah itu jantan atau betina” (H.R.Ahmad 27900 dan An-Nasa’i 4218).

Berdasarkan Hadits ini Juga Imam As-Sayrazi dalam Al-Muhadzdzab mengatakan:

“Dibolehkannya menggunakan hewan betina dalam akikah berdasarkan hadis ini, menunjukkan bahwa hal ini juga boleh untuk berkurban.”

(Al Muhadzab 1/74).

Nah Dengan Begitu Maka Sahabat Dermawan PABU tidak perlu khawatir mengenaik hukum qurban kambing betina lagi ya.

Baca Juga : TEGURAN KERAS UNTUK MANUSIA DARI ALAM

Nah Buat Sahabat Dermawan PABU Udah Pada Berkurban Belum Nie, Udah tinggal seminggu lagi loh, kalo belum Sahabat bisa banget berkurban di Yayasan Pundi Amal Bakti Ummat, agar hewan kurban yang sahabat berikan akan didistribusikan ke penjuru indonesia, diantaranya Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Depok, Bekasi, Cikarang, Karawang, Ciamis, Purwakarta, Purwodadi, Blitar, dan Juga Yogyakarta.

Bagi sahabat yang belum bisa berqurban jangan bersedih ya, PABU INDONESIA juga punya program sedekah qurban loh dengan hanya 125 Ribu untuk sahabat dapat sedekah qurban sebanyak 1 kg daging atau 250 ribu untuk 2 kg daging, nah bagi sahabat yang ingin sedekah qurban bisa banget buat langsung sedekah qurban disini.

Share Artikel Ini Jika Bermanfaat
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram

Baca Juga Artikel Yang Serupa

Tata Cara Berqurban
Pengertian Qurban dan Sejarahnya