Allah Menyukai Rumah Yang Di Dalamnya Ada Yatim Yang Dimuliakan

Pabu.or.id – Satu Muharram dalam tahun Hijriyah atau yang biasa dikenal dengan Tahun Baru Islam,merupakan moment yang sangat penting bagi seluruh ummat muslim di dunia. Karena tahun tersebut sebagai tanda dimulainya penanggalan/kalender Hijriyah bagi ummat Islam.

Dimulainya perhitungan Kalender Hijriyah didasari dari sebuah peristiwa bersejarah pada zaman Nabi Muhammad, Rasulullah SAW. Di mana pada saat itu Rasulullah SAW beserta para pengikutnya melakukan perjalanan untuk pindah (hijrah) dari Kota Mekkah ke Kota Madinah.

Namun pada zaman Rasulullah, penanggalan Hijriyah belum dimulakan. Kalender Islam baru ditetapkan dan dimulakan secara resmi pada masa Khulafaur Rasyidin kedua, yakni pada masa pemerintahan Umar bin Khattab.

Penetapan Kalender Islam tersebut dimaksudkan untuk mengenang betapa pentingnya peristiwa Hijrah Rasulullah. Yang mana pertama dalam sejarah Islam, seorang Nabi dan Rasul membentuk pemerintahan dan melakukan hubungan diplomatik dengan berbagai Negara serta mensyi’arkan Islam keseluruh dunia.

Keberhasilan Rasulullah dalam mensyi’arkan Islam dan mengatur pemerintahan, sudah semestinya kita teladani dalam kehidupan sehari-hari. Terutama bagi anak-anak muda sebagai penerus generasi terdahulu. Agar pada masanya nanti mereka dapat memimpin pemerintahan sesuai dengan suri teladan dari Rasulullah SAW.

Yayasan Pundi Amal Bakti Ummat sebagai salah satu yayasan sosial yang bergerak dalam bidang pendidikan, juga ikut berpartisipasi dan terus berusaha untuk mendidik anak-anak yatim piatu binaan yayasan agar kelak menjadi generasi yang amanah. Untuk mengenang peristiwa yang sangat bersejarah tersebut.

Yayasan Pundi Amal Bakti Ummat berencana mengadakan kegiatan Menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah pada Ahad, Insha Allah di hadiri oleh Walikota Bekasi terpilih Dr. H. Rahmat Effendi. Kegiatan santunan ini juga diisi ceramah agama oleh KH. Dr. Muhammad Aiz, S.H,M.H (Komisioner Baznas Kota Bekasi), Virgoun Putra Tambunan vokalis Last Child  dengan hitsnya “Separuh Nafas Ini” dan Bintang sinetron “Dunia Terbalik”  Ustadz RW Kemed alias Idrus Madani  dan pemberian santunan bagi 201 anak-anak yatim piatu dan dhu’afa.

“Dan janganlah kamu serahkan kepada orang-orang yang belum sempurna akalnya (anak-anak yatim) harta (mereka yang ada dalam kekuasaanmu) yang dijadikan Allah sebagaipokok kehidupan. Berilah mereka belanja dan pakaian (dari hasil harta itu) dan ucapkanlah pada mereka kata-kata yang baik.”

Hadits Rasulullah SAW :

“Rumah yang paling disukai oleh Allah adalah rumah yang di dalamnya ada anak yatim yang dimuliakan.” (H.R. Baihaqi dari Umar)

 

Hubungi Kami

Ingin Berkunjung ke PABU?

Kami sangat menghargai bagi siapapun untuk berkunjung ke Sekretariat kami pada jam kerja.

Yayasan Pundi Amal Bakti Ummat

Jl. Raya Ratna Rt 03/02 No. 84 D Kel. Jati Kramat, Kec. Jati Asih, Kota Bekasi Jawa Barat 17421
Telp. 021-88508885 HP
+6281389923296 / +6287878726676

Donasi ke PABU
WhatsApp chat